Selasa, 18 September 2012

TIPE-TIPE JARINGAN KOMPUTER

Tipe - Tipe JaringanJaringan komputer memiliki beberapa komputer di dalamnya. Komputer yang ada dalam jaringan tersebut memilki fungsi yang berbeda. Dan dari fungsi – fungsi komputer tersebut terciptalah sebuah jenis – jenis jaringan.
Pada dasarnya fungsi –fungsi komputer yang ada pada jaringan yaitu adalah :
  1. Client. Merupakan komputer yang berfungsi atau memiliki peran sebagai pengguna. Client hanya mengambil sumber daya (file sharing, internet, mail server, hardware sharing spt. printer, scanner, dll) yang dibagikan oleh komputer server.
  2. Server. Komputer server memiliki peran yang sangat penting dalam jaringan yang berjenis Client – Server. Server bertugas sebagai yang melayani komputer client, dan menyediakan sumber daya (file sharing, internet, mail server, hardware sharing spt. printer, scanner, dll) untuk dibagikan kepada komputer client.
  3. Peer. Komputer Peer memilki dua fungsi sekaligus. Dia bisa berfungsi sebagai client dan bisa menjadi server. Komputer ini biasanya diterapkan pada jenis jaringan peer to peer.
IMG_6409computer-server
Dari tiga jenis komputer tersebut, maka muncullah jenis – jenis jaringan yang saat ini masih digunakan. Diantaranya :
  1. Jaringan berbasis Server – Client
    client-server Pada jaringan berbasis ini, terdapat beberapa komputer server dan komputer client. Biasanya komputer server yang paling banyak dari pada komputer client. Komputer server mempunyai prioritas dalam jaringan di tingkat utama. Sedangkan komputer client dibawahnya. Jadi bisa digambarkan bagaikan struktur segitiga.

    Komputer server sendiri biasanya ada yang mempunyai multifungsi (hanya satu unit) dan ada juga yang beberapa unit yang fungsinya juga terbagi – bagi seperti dns server, proxy server, mail server, dll. Tapi biasanya pada jaringan kecil semisal sekolah bisa hanya menggunakan satu komputer server saja untuk semuanya.

    Sedangkan komputer client, hanya bisa menggunakan layanan yang diberikan dari komputer server, seperti fasilitas penyimpanan data, internet, mail, dll.

    Koneksi antar komputer client dan komputer server bisa menggunakan hub / switch / router.
  2. Jaringan berbasis Peer to Peer
    peer - peer Peer to Peer memiliki beberapa komputer didalamnya yang biasanya disebut peer. Semua komputer yang ada pada jenis jaringan ini bisa membagikan sumber daya (file sharing, internet, mail server, hardware sharing spt. printer, scanner) yang dimiliki agar bisa dipakai oleh komputer yang lain.

    Komputer yang ada pada jenis jaringan ini mempunya peran ganda. Bisa sebagai komputer client dan bisa sebagai komputer server. Jadi istilahnya semua bisa berkuasa dan bisa dikuasai.

    Antar koneksi pada jaringan ini biasanya kebanyakan menggunakan media hub / switch.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar